Senin, 25 Juni 2012

Membangun Otak Kanan dan Otak Kiri

Diposting oleh Rika Febriyanti di 22.53

Kepala kita adalah hal yang paling komplek di dunia, dari awal kelahiran manusia di dalam kepala kita terbentuk sambungan – sambungan syaraf yang merupakan jejak rekaman pelajaran yang kita alami. Jumlah sambungan syaraf yang terjadi di dalam otak manusia mencerminkan kualitas otak yang kita miliki.
Selain jumlah sambungan syaraf otak yang terjadi, ada parameter tertentu yang digunakan untuk melihat kecenderungan penggunaan otak. Kecenderungan ini berkaitan dengan adanya 2 belahan otak didalam kepala kita. Belahan otak kanan berkaitan dengan kemampuan seni, bahasa, dan kreatifitas. Sedangkan Belahan otak kiri berkaitan dengan kemampuan logis, matematis, dan kemampuan mengingat.
Kecenderungan ini berkaitan dengan kebiasaan fisik yang kita lakukan. Di Indonesia kegiatan fisik sering menggunakan bagian tubuh sebelah kanan, dan dalam kegiatan belajar mengajar sering difokuskan pada kegiatan mengingat dan menghafal. Hal ini mengakibatkan perkembangan otak manusia Indonesia cenderung pada otak kiri. Sedangkan di negara maju, proses pembelajaran yang dilakukan menjadikan orang – orang di sana memiliki perkembangan otak yang seimbang, dan relatif memiliki otak kanan yang lebih baik.
Untuk mengetahui kecenderungan perkembangan otak anda, coba lihat baik – baik gambar di diatas. Arah perputaran gambar ini menunjukkan kecenderungan otak anda.
Apabila gambar berputar searah jarum jam, berarti otak kiri anda yang lebih berkembang.
Apabila gambar berputar berlawanan jarum jam, berarti otak kanan anda yang lebih berkembang.
Apabila anda mampu melihat putaran gambar ini sesuai dengan kehendak anda, hal ini memunjukkan anda mampu menggunakan/mengontrol kedua belahan otak anda secara seimbang.
Dengan test sederhana ini anda dapat melihat seberapa besar penggunaan sisi belahan otak anda.
Catatan :
Apabila anda melihat putaran gambar tersebut berbolak – balik secara tidak beraturan, ada kemungkinan otak anda dalam keadaan tidak maksimal, bingung, sedang banyak pikiran atau stress.

http://widhihartanto.wordpress.com/2011/04/20/test-kecenderungan-otak/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome to My Blog Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei